Dengan BufferedReader
BufferedReader
berfungsi sebagai mediasi atau sarana agar mendapatkan input-an melalui
keyboard yang di-input oleh User. Tampilan menggunakan mode CONSOLE.
BufferedReader adalaha kelas abstrak yang menangani baca tulis ke suatu media. Kelas
ini membutuhkan kelas lain sebagai pekerjanya, yaitu InputStreamReader.
Dan InputStreamReader membutuhkan media tempat baca tulis
dilakukan, yaitu System.in. Fungsi buffered
reader ini adalah digunakan untuk menangkap inputan dari
keyboard.
Dengan JOptionPane
JOptionPane
merupakan class yang digunakan sebagai standar dialog box untuk
memberikan informasi kepada pengguna aplikasi. Sebenarnya JOptionPane memiliki
banyak method, dan kebayakan method tersebut static method. Berikut ini
4 method dari JOptionPane yang sering digunakan.
- showConfirmDialog
- showInputDialog
- showMessageDialog
- showOptionDialog
Untuk
parameter dari 4 method tersebut mempunyai pattern yang sama. Dan setiap method
tersebut memiliki 4 – 7 varian tergantung dari jumlah parameter setiap method (
kecuali showOptionDialog yang cuma memiliki satu variant) . Berikut ini
beberapa parameter yang digunakan pada 4 method tersebut.
·
parentComponent : mendefinisikan
component yang menjadi parent dari dialog box. Jika diisi dengan null,
maka secara default Frame akan menjadi parent component.
·
message : merupakan message yang
akan ditampilkan dalam dialog box. Message bisa berupa String. Tapi type
sebenarnya dari parameter ini adalah Object class.
·
title : merupakan title untuk dialog
box
·
initialValue : merupakan input
value
·
messageType : mendefinisikan style
dari message. Jenis dari messageType sebagai berikut ERROR_MESSAGE,
INFORMATION_MESSAGE, WARNING_MESSAGE, QUESTION_MESSAGE, PLAIN_MESSAGE
·
optionType : mendefinisikan kumpulan
button option yang muncul pada dialog box. Nilai dari parameter sebagai
berikut. DEFAULT_OPTION, YES_NO_OPTION, YES_NO_CANCEL_OPTION, OK_CANCEL_OPTION
( Nilai dari variable ini dapat di-customize)
Dengan Scanner
Class
Scanner ada pada java.util.*;. Untuk dapat menggunakan class ini ada dua tahap yang perlu
dilakukan, yaitu instantiasi object Scanner dan pemanggilan method input yang
sesuai. Cara penggunaanya seperti ditunjukkan pada koding di bawah ini:
Penjelasan
program:
- import …: untuk mengimport library Scanner dari java.util.
- Scanner input: deklarasi class Scanner ke dalam variabel input (tentu saja nama variabel boleh diubah yang lain).
- new Scanner(System.in): instantiasi object Scanner dengan parameter System.in.
- input.next …: memerintahkan program untuk menerima input dari console dan mengonversinya ke dalam tipe data yang sesuai. Jika yang diinginkan adalah String maka bisa menggunakan method nextLine(), jika ingin input integer dapat menggunakan nextInt(), jika ingin input data desimal dapat menggunakan nextDouble() dan seterusnya.
Beberapa cara untuk mencetak variable di java pada console
System.out.print
: untuk mencetak perintah pada baris yang sama
System.out.print("Oxa"); System.out.print(“Hello!”);
System.out.printf
: untuk mencetak dengan format, contoh: System.out.printf("%s %d \n",
"President University", “IS”);
System.out.println,
untuk ditampilkan pada baris berikutnya
System.out.println("Oxa");
System.out.println(“Hello!”);
Tidak ada komentar:
Posting Komentar